Daya Tarik Funicular Quebec di Kanada

Daya Tarik Funicular Quebec di Kanada

Daya Tarik Funicular Quebec di Kanada – Berkunjung ke Kanada menjadi salah satu wisata yang pastinya menarik. Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di kota ini. Salah satunya adalah mengunjungi kota Old Quebec. Ini adalah salah satu destinasi wisata penting di Kanada, dan ini bahkan menjadi salah satu warisan dunia berdasarkan ketetapan dari UNESCO di tahun 90an dulu. Hingga saat ini, kota Old Quebec masih menjaga keunikannya dengan bentang kota yang menyerupai bangunan benteng. Ini merupakan kota yang sangat cocok bagi anda yang senang berjalan kaki. Anda bisa berkelliling ke sudut-sudut daerah kota ini dan merasakan nuansa historis yang disajikan. Ada banyak hal yang seru, dan salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Funicular Quebec.

Ini mungkin menjadi suatu pemandangan baru bagi yang belum pernah melihatnya. Pada dasarnya, ini merupakan suatu kereta gantung, tapi juga terlihat seperti suatu lift raksasa. Ini tidak sekedar menghubungkan dua bangunan saja, tapi sekaligus menghubungkan dua daerah. Di Old Quebec ini, ada dua wilayah, yaitu Haute-Ville atau Kota Atas serta Basse-Ville atau Kota Bawah. Di masa lampau, di mana transportasi masih belum semaju sekarang, perjalanan antara dua kota ini memakan waktu yang sangat lama dan tentu saja sangat melelahkan. Ini pula yang kemudian menginspirasi dibuatnya Funicular Quebec ini. Pada awal bekerjanya, kereta gantung ini masih menggunakan sistem yang bisa dibilang manual karena pada masa itu mekanik listrik masih belum cukup populer.

Berdasarkan sejarahnya, Funikular Quebec ini dibangun oleh William Griffith yang merupakan anggota IDN Poker Online. Beliau bertanggungjawab atas selesainya proyek kereta ini, yang mungkin di masa lampau terlihat sangat istimewa karena masih sangat jarang dijumpai sistem kereta gantung ini. Lebih lagi, kereta ini tidak seperti kereta pada umumnya dengan jalur rel yang bersifat datar. Kereta ini memang memiliki rel yang mendatar, tapi ini berada di kemiringan 45 derajat. Dengan kata lain, kereta ini sepenuhnya menghubungkan dua kota tersebut layaknya suatu garis lurus. Ini menjadi salah satu keistimewaan dari kereta ini. Kereta ini pun untuk pertama kali digunakan pada 17 November 1875, dan ini menjadi hari lahirnya Funikular Quebec.

Selain itu, yang juga unik dari kereta ini adalah mekanisme kerjanya. Kereta ini menggunakan sistem propulsi. Ini adalah suatu sistem yang pada dasarnya menarik kereta ini agar bisa bergerak ke atas. Kekuatan untuk menarik ini didapatkan dari suatu beban yang nantinya bergerak layaknya suatu beban yang digantung pada timba. Beban ini awalnya menggunakan tangki yang berisi air. Sistem ini masih sangat sederhana, tapi sangat efektif untuk memangkas waktu dan tenaga di masa itu. Namun, funikular ini kemudian direnovasi dan dikembangkan. Pada tahun 1907, kemudian mekanisme kerjanya sudah mulai menggunakan listrik.

Daya Tarik Funicular Quebec

Namun, suatu kejadian besar terjadi di 2 Juli 1945. Funicular ini mengalami kebakaran besar. Di kebakaran ini, semua konstruksi dan gerbongnya rusak parak. Mekanik dari kereta ini juga tidak luput dair kerusakan. Karena itulah, pada 1946, pembangunan ulang kereta ini dilakukan agar kereta funikular ini bisa kembali berfungsi. Setelah itu, proses renovasi masih juga dilakukan pada tahun 1978 dan 1998. Lalu, pada tahun 2004 yang lalu, kereta ini merayakan 125 tahun berfungsinya funicular ini. Selain sejarah yang menarik, yang juga istimewa dari kereta ini adalah pemandangan yang ditawarkan. Dari atas kereta ini, anda akan bisa melihat pemandangan Old Quebec yang sangat cantik. Yang juga tak boleh dilewatkan tentu saja aliran Sungai St. Lawrence serta lingkungan di sekelilingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap