Sejarah Menarik tentang Quebec Funiculaire di Kota Quebec Kanada

Sejarah Menarik tentang Quebec Funiculaire di Kota Quebec Kanada

Sejarah Menarik tentang Quebec Funiculaire di Kota Quebec Kanada – Kanada menjadi salah satu negara yang rasanya patut dikunjungi. Ada berbagai macam hal yang seru dan menarik untuk dilihat di negara ini. Salah satunya adalah yang ada di kota Quebec. Ini merupakan salah satu kota yang cukup terkenal dengan pemandangan sungai St. Lawrence yang terlihat sangat menarik dengan semua bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Yang juga menarik dari Quebec adalah adanya daerah Old Quebec. Di sini, beberapa peristiwa sejarah terjadi dan salah satu yang menjadi ikon dari daerah ini ada Quebec Funiculaire. Ini adalah suatu kereta yang sangat istimewa bagi kota ini. kereta ini memiliki sejarah panjang. Fungsi kereta ini juga sangat penting di masa lalu, walau sekarang sudah berubah dan lebih dianggap sebagai atraksi wisata di kota Old Quebec ini.

Quebec Funiculaire adalah suatu kereta. Kereta ini digerakkan dengan kabel. Sebagaimana kereta pada umumnya yang menghubungkan beberapa daerah, kereta ini menghubungkan dua tempat utama, yaitu Haute-Ville atau yang biasa juga disebut Kota Atas dengan Basse-Ville atau Kota Bawah. Di sepanjang jalur ini, ada beberapa lokasi penting yang juga dilewati oleh kereta ini, beberapa di antaranya adalah Gereja Notre Dame des Victoires, distrik Petit Champlain, serta Museum Peradaban. Selain itu, pemadangan yang disajikan dari atas kereta pun juga sangat menarik. kereta ini sendiri bergerak dengan kemiringan 45 derajat karena memang dua kota tersebut terletak di dua lokasi berbeda, antara bukit dan dataran rendah. Jarak dari rel kereta ini sendiri sekitar 64 meter. Di masa itu, ini menjadi salah satu akses yang mempermudah orang mencapai dua lokasi ini dengan mudah.

Baca juga : Menikmati Keindahan Old Quebec dari Funikular 

Sejarah Menarik tentang Quebec Funiculaire di Kota Quebec Kanada

funiculaire-quebec – Banyak orang yang menyebut kereta ini sebagai kereta gantung. Dalam sejarahnya, kereta ini dibangun oleh seorang bernama William Griffith. Proses pembangunan ini selesai dan kereta resmi beroperasi pada tanggal 17 November 1875. Ini merupakan kereta gantung pertama yang ada di Kanada, dan bahkan sistem penggerak kereta ini bisa dibilang meruapakan yang cukup unik dan bersejarah di negara ini. Kereta ini sendiri dibangun dengan dilengkapi sistem uap. Oleh karena itu, bagian dalam kabin kereta akan senantiasa hangat. Sistem penggeraknya sendiri dulu dikenal dengan sistem propulsi. Di masa pembuatannya penggerak listrik masih belum populer, sehingga sistem propulsi inilah yang digunakan. Sistemnya layaknya menggerakkan benda ke atas dengan pemberat. Di sini, tangki air berfungsi sebagai pemberatnya, dan trek kereta ini awalnya terbuat dari kombinasi baja serta bebatuan. Namun, sistem propulsi manual ini kemudian digantikan dengan propulsi listrik pada tahun 1907 agar lebih efektif mekanisme penggeraknya.

Namun, konstruksi dan keseluruhan kereta ini sempat mengalami kebakaran yang besar. Hal ini terjadi pada tahun 1945. Karena hal ini, struktur, gerbong, hingga mekaniknya sepenuhnya diganti dan direstorasi. Proses ini selesai pada tahun 1978 dan kemudian restorasi tahap kedua terjadi pada tahun 1998. Di restorasi terakhir ini, sistem modern sudah diterapkan agar pergerakan dan kinerja propulsi kereta menjadi jauh lebih aman bagi siapapun yang menaikinya. Untuk bisa naik kereta ini, pengunjung bisa naik dari rumah Louis Jolliet. Ini adalah rumah bersejarah dan tetap dijaga sampai saat ini. Beliau adalah seorang penjelajah sekaligus pedagang. Setelah itu, pengunjung bisa merasakan sensasi menaiki kereta yang cukup unik disertai dengan pemandangan luar biasa dari kota Old Quebec.

Menikmati Keindahan Old Quebec dari Funikular Previous post Menikmati Keindahan Old Quebec dari Funikular